Marhaban Ya Ramadhan, Menuju Manusia Paripurna  

Diposting oleh Ivan Istyawan

Nah, bagi kita semua yang diberi kesempatan berharga untuk berjumpa dengan bulan suci ini, mari kita manfaatkan sebaik mungkin momen ini. Mari jadikan bulan puasa ini sebagai bagian dari perjalanan hidup kita dalam rangka mencapai derajat Insan Kamil. Proses menuju Insan Kamil atau Muslim Kaffah atau juga disebut Manusia Paripurna adalah sebuah perjalanan “Fantasi “ Kehidupan Yang sangat mengasyikkan. Didalam perjalanan tersebut kita akan belajar untuk mengendalikan hawa nafsu sekaliugus tanpa “mengkebiri” nafsu itu sendiri.
Ramadhan yang juga disebut sebagai Syahrut-Tarbiyah (Bulan Pendidikan),Syahrul Jihad (Bulan berjihad / melawan nafsu), syahrul Ukhuwah (Bulan Persatuan), Syahrul Ibadah (Bulan Ibadah) adalah sebuah momentum yang sangat pas untuk melejitkan diri menjadi Manusia Paripurna.
Oleh karenanya tidak salah kemudian jika Allah memberi umat muslim kenikmatan berpuasa dalam usaha mencapai derajat Manusia Paripurna tersebut. Dalam Konteks ini puasa yang sesungguhnya bukanlah menahan lapar dan dahaga namun sejatinya adalah bagaimana dengan media puasa kita dapat mengendalikan Nafsu kita.Puasa adalah sebagai alat untuk membangun kapabilitas leadership kita yang dimulai dengan memimpin nafsu pribadi kita.Dengan puasa diharapkan segala karekter kurang baik kita sedikit-demi sedikit mampu kita tanggalkan dan kita ganti dengan karakter Produktif Positif.

This entry was posted on 06.56 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar